Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kemenpora Berharap Indonesia Bisa Juara

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 21 November 2012 | 20:26 WIB
Djoko Pekik IriantoDeputi Menpora Bidang Peningkatan Prestasi Olah Raga (Dwi Ari Setyadi/Bolanews)

Kendati tak sesuai dengan yang diminta, total dana sebesar 800 juta rupiah yang rencananya akan diberi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) kepada PSSI diharapkan bisa turut memacu para penggawa timnas Indonesia berbuat terbaik di Piala AFF 2012. Demikian disampaikan Deputi Menpora Bidang Peningkatan Prestasi Olah Raga, Djoko Pekik Irianto

"Dengan dana itu, paling tidak kami bisa membantu. Yang jelas Kemenpora berharap timnas bisa juara. Sebenarnya itu bukan hanya keinginan Kemenpora saja, tapi juga masyarakat Indonesia. Kalau sebelumnya gagal juara satu, mudah-mudahan kali ini bisa juara," terang Djoko Pekik, Rabu (21/11).

Pendanaan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk timnas Indonesia sendiri belakangan menjadi perbincangan. Sebelumnya, Menpora dilaporkan enggan mengucurkan dana lantaran pembentukan timnas tak mengikutsertakan pemain terbaik bangsa.

Kenyataan itu pun membuat PSSI mengambil langkah. Memanfaatkan gala dinner timnas, PSSI mengajak semua lapisan mulai dari sponsor, pengusaha, dan individu untuk terlibat dalam penggalangan dana. Dalam acara yang digelar di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Senin (19/11), PSSI berhasil meraup lebih dari 1 miliar rupiah.