Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aji Santoso Tak Ragukan Skuad Indonesia

By Peksi Cahyo Priambodo - Jumat, 23 November 2012 | 16:40 WIB
Aji Santoso (Peksi Cahyo/Bolanews)

Pembentukan timnas Indonesia sebelumnya tak berjalan sempurna. Hal ini disebabkan karena para pemain ISL seperti Firman Utina, yang notabenenya kenyang pengalaman di level internasional, tak bisa ikut serta. Mau tak mau, pelatih timnas, Nilmaizar harus mengisi skuad juga dengan pemain muda dan baru.

Adanya pemain muda dan baru di skuad Indonesia ini sendiri belakangan diragukan beberapa pihak. Namun, tidak dengan pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso. Mantan pemain timnas di era 1990-2000, juga caretaker pelatih timnas senior itu mengatakan bahwa keberadaan pemain muda dan pemain baru seperti Rasyid A. Bakrie tetap bisa membantu skuad Indonesia di setiap laga di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012.

Baginya, itu bukan tanpa sebab. "Semua pemain yang ada kan sudah memiliki pengalaman juga, baik di kompetisi lokal dan berberapa laga, termasuk laga uji coba. Saya pikir pemain baru tidak akan grogi. Yang paling penting bagaimana para pemain bisa memaksimalkan potensi yang ada," kata Aji Santoso, Jumat (23/11).

Indonesia sendiri akan membuka babak penyisihan Grup Piala AFF 2012 dengan melawan Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (25/11). Tiga hari kemudian Indonesia akan bersua dengan Singapura, sebelum akhirnya melawan sang musuh bebuyutan Malaysia, 1 Desember 2012.