Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi Terkejut Dengan Kinerja Cemerlang Tito

By Jaka Sutisna - Jumat, 23 November 2012 | 19:20 WIB
Xavi Hernandez (Getty Images)

Ketika entrenador Josep Guardiola memutuskan melepas kursi kepelatihan Barcelona dan digantikan asistennya, Tito Vilanova, banyak kalangan yang meragukan jika Tito mampu meneruskan sejarah kejayaan yang telah dibangun dinasti Pep.

Dipandang sebelah mata tak membuat pelatih berusia 43 tahun tersebut sakit hati atau mengeluarkan pernyataan kontroversial. Dia hanya fokus membangun El Barca. Hasilnya, langsung bisa dilihat di La Liga.

Hingga jornada ke-12, Los Blaugrana dibawanya tak terkalahkan sekaligus mencatatkan namanya sebagai pelatih Barcelona dengan start terbaik di La Liga sepanjang masa melewati pencapaian Louis Van Gaal.

Pencapain tersebut tak hanya sebagai jawaban yang tepat untuk para kritikus tapi juga telah membuat anak asuhnya terkejut. Salah satunya Xavi Hernandez yang mengaku sangat terkaget-kaget dengan kemampuan Tito menangani tim sejauh ini.

"Saya punya perasaan yang sangat baik. Tito telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Dia mengejutkan kami semua dengan karakter dan kapasitas kepemimpinannya," ujar Xavi, kagum.

"Dia membuat beberapa perubahan dalam taktik dan teknik sedangkan sesi latihan praktis sama seperti di era Pep dan kami semua merasa sangat baik," tambah pemain berusia 32 tahun itu seperti dikutip Football Espana.

"Kami terlihat sangat baik. Kami telah membuat awal musim yang baik di La Liga dan untuk Liga Champion kami juga berada di jalur yang benar."

"Mari kita lihat apakah kami mampu memenangkan sesuatu atau tidak pada akhir musim nanti, tapi saat ini kami memainkan sepak bola yang baik dan sedang menikmati tahap baru kebersamaan kami dengan Tito. Kami berharap bisa meraih target pada akhir nanti," pungkas Xavi.