Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RD, Kans Indonesia Lolos ke Semifinal Cukup Besar

By Peksi Cahyo Priambodo - Jumat, 23 November 2012 | 19:31 WIB
Rahmad Darmawan yakin Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2012. (Arief Bagus/Bolanews)

Piala AFF 2012 akan segera digelar. Timnas Indonesia yang menghuni Grup B sendiri akan memulai kiprahnya dengan menghadapi Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (23/11), sebelum akhirnya menghadapi Singapura (28/11) dan Malaysia (1/12).

Menurut mantan pelatih tim nasional Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, peluang Indonesia lolos dari babak penyisihan grup pada turnamen dua tahunan yang diikuti oleh Asia Tenggara itu, cukup besar. Tiga faktor disebutnya menjadi alasan terbukanya peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal.

Yang pertama, RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan menilai bahwa Indonesia punya kekuatan yang serupa dengan ketiga kompetitor di Grup B. Baginya, timnas hanya memerlukan semangat juang tinggi bila ingin lolos ke fase berikutnya.

"Baik Malaysia, Singapura, dan Laos, saya pikir juga tidak terlalu menonjol jika mengingat masa persiapannya," kata RD dalam pesan singkat, Jumat (23/11).

Adapun yang kedua, peluang bagi Indonesia untuk lolos dipengaruhi oleh amunisi yang dimiliki di dalam tim. Menurut RD, pemain di lini pertahanan sendiri memiliki kemampuan baik dan kemungkinan besar bisa menghindarkan Indonesia dari kebobolan.

"Di dalam tim, Indonesia juga memiliki tiga pemain kunci. Ketiga pemain itu adalah Andik Vermansyah dan Oktovianus Maniani di tengah serta Irfan Bachdim di lini depan."

Kedua faktor itu sendiri, sambung RD, akan dilengkapi dengan dukungan dari suporter. Keberadaan suporter dinilainya akan kian membuka peluang Indonesia tampil di semifinal.

"Event-nya memang digelar di Malaysia. Tapi negara itu tentu akan membuat timnas bisa didukung suporter fanatik," jelas RD.