Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penghasilan Deulofeu Banyak dari Nike Bukan Klub

By Okie Prabhowo - Sabtu, 24 November 2012 | 05:07 WIB
Gerard Deulofeu (David Ramos/Getty Images)

Gelandang muda Barcelona, Gerard Deulofeu, dikabarkan memiliki penghasilan lebih banyak dari sponsor, Nike, dibanding dari klubnya. Ia dikontrak produsen sepatu sepak bola tersebut sejak berusia 12 tahun.

Gerard Deulofeu menambahkan lembaran karier di tim utama Barcelona ketika diturunkan pelatih Tito Vilanova saat laga melawan Spartak Moskva, Rabu (21/11) dini hari WIB. Ia menggantikan Pedro Rodriguez dan bermain hanya selama lima menit.

Sebelumnya saat Barca masih ditangani Pep Guardiola, Deulofeu mengawali debut Liga Champion pada musim 2011/12 saat menghadapi BATE Borisov. Sementara itu di La Liga, perdananya saat mengalahkan Mallorca 5-0 dan ia bermain untuk 27 menit.

Nike pertama kali mengontrak pemain tim nasional Spanyol U-21 ini saat Deulofeu masih berusia 12 tahun dan menawari kontrak senilai 150 ribu euro atau sekitar 1,8 miliar rupiah per tahun ketika menginjak usia 14 tahun, seperti dilansir Inside La Liga.

Musim 2012/13 Deulofeu bergabung di Barcelona B dengan nilai kontrak hanya 60 ribu euro atau sekitar 748 juta rupiah per tahun. Bila dibanding dengan yang ia dapatkan dari sponsor, maka penghasilan Deulofeu lebih besar dari sponsor dibanding dari klub.