Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Macan Kemayoran Pertahankan Trofeo Persija

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 24 November 2012 | 20:57 WIB
Macan Kemayoran Juara Trofeo 2012 (Peksi Cahyo/Bolanews)

Klub kebanggaan masyarakat kota Jakarta, Persija, berhasil menjuarai Trofeo Persija 2012 yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (24/11).

Anak asuh pelatih Iwan Setiawan ini berhasil mengalahkan lawan-lawannya, yakni Arema Indonesia dan Persisam Putra Samarinda dalam turnamen yang menggunakan format setengah kompetisi.

Dalam Trofeo Persija 2012 ini, masing-masing tim saling berhadapan satu sama lain selama 1x45 menit. Pertandingan pertama mempertemukan Persija dengan Persisam, lalu dilanjutkan Persisam kontra Arema Indonesia, dan pertandingan terakhir Persija versus Arema Indonesia.

Di pertandingan pertama ketika berhadapan dengan Persisam, Ramdani Lestaluhu dan kawan-kawan berhasil menang tipis 1-0 atas Persisam 1-0 berkat gol bunuh diri Kone Lancine di menit ke-27. Gol tercipta setelah Kone Lancine salah mengantisipasi bola hasil tendangan penjuru pemain Persija.

Sementara itu di pertandingan kedua, Persisam Putra Samarinda meraih hasil positif setelah berhasil mengalahkan Arema dengan skor 5-4 melalui drama adu penalti.

Pada duel dari titik 12 pas ini, Kurnia Meiga dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Persisam. Victor Igbonefo yang menjadi penendang terakhir Arema, gagal menaklukkan kiper Fauzi Toldo. Sementara itu lima penendang Persisam mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Di laga terakhir yang mempertemukan Persija kontra Arema, kembali anak asuh Iwan Setiawan menang 2-1 dari klub yang berjuluk Singo Edan. Klub kebanggaan Jakmania ini unggul terlebih dahulu di menit ke-6 melalui tendangan bebas Anindito Wahyu.

Arema mampu menyamakan keadaan menjadi 1-1 di menit ke-37 melalui sundulan Dendy Santoso setelah memanfaatkan tendangan sudut Egi Melgiansyah. Persija akhirnya unggul 2-1 di menit ke-43 setelah penyerang Rahmat Affandi berhasil mengkonversi umpan mendatar Pedro Javier. Skor 2-1 pun bertahan sampai pertandingan bubar.

Dengan raihan ini, Persija kembali sukses mempertahankan titel trofi yang mereka rebut pada 2011 dan sekaligus merupakan kado manis bagi Macan Kemayoran yang merayakan ulang tahun yang ke-84.