Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bielsa Sebut Bilbao Seharusnya Tembus Tiga Besar

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 25 November 2012 | 01:40 WIB
Marcelo Bielsa (Denis Doyle/Getty Images)

Entrenador Athletic Bilbao, Marcelo Bielsa, menyatakan dengan skuad yang ada Los Leones tak pantas berada di papan tengan. Pria asal Argentina itu menyebut Iker Muniain dkk. bisa meraih posisi yang lebih tinggi andai tidak terlalu banyak kebobolan akibat melakukan banyak kesalahan di lini belakang.

Hingga jornada 12, Athletic Bilbao masih tertahan di posisi ke-14 dengan 14 poin hasil empat kali menang dan dua imbang. Keterpurukan tim asal Basque itu pada musim ini tak lepas dari rapuhnya lini pertahanan mereka.

Gawang kiper Gorka Iraizoz sudah jebol 26 kali atau ketiga terburuk di La Liga setelah Rayo Vallecano (29) dan Deportivo La Coruna (27). Kepergian Javi Martinez ke Bayern Muenchen dan dicadangkannya Fernando Llorente akibat menolak memperpanjang kontrak ditengarai menjadi salah satu penyebab utama buruknya performa Bilbao.

"Sebelum musim ini dimulai, kami menargetkan berada di tiga besar atau minimal di papan atas. Apalagi skuad kami tidak jauh berubah dibanding musim lalu. Jadi, kami harus segera menemukan performa terbaik untuk memperbaiki posisi di klasemen," kata Bielsa kepada El Loco.

"Jumlah gol yang kami derita sama sekali tak merefleksikan kekuatan kami yang sebenarnya. Kami banyak melakukan kesalahan sendiri di lini belakang sehingga kehilangan poin berharga. Namun, prestasi buruk klub bukan hanya tanggung jawab bek, melainka seluruh skuad termasuk pelatih," pungkas Bielsa.