Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Malaga Menang Telak 4-0 Atas 10 Pemain Valencia

By Oka Akhsan M. - Minggu, 25 November 2012 | 03:57 WIB
Malaga (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

0 atas 10 pemain Valencia dalam lanjutan jornada 13 di Stadion La Rosaleda, pada Minggu (25/11) dini hari WIB. Hasil ini memutus rekor tak pernah menang tim asal Andalusia itu di empat laga La Liga terakhir.

Permainan cepat dengan tempo tinggi langsung tersaji sejak laga dimulai. Malaga yang bertindak sebagai tuan rumah langsung tampil menekan dan tidak membiarkan Valencia mengembangkan permainan.

Hasilnya, Malaga unggul cepat setelah mencetak gol pembuka pada menit kedelapan lewat Portillo. Gol ini tak lepas dari peran Eliseu. Menusuk dari sisi kiri, pemain asal Portugal itu dengan jeli mengirimkan umpan kepada Portillo yang berdiri bebas di kotak penalti. Pemain berusia 22 tahun itu tanpa kesulitan sukses menaklukkan Diego Alves dari jarak dekat.

Unggul satu gol, Malaga semakin bernafsu dalam membombardir pertahanan Valencia. Skuad asuhan Manuel Pellegrini itu mendapat dua peluang beruntun pada menit ke-34 dan 35. Sayang, penyeleasian akhir yang buruk dari Javier Saviola dan Joaquin Sanchez meski tinggal berhadapan dengan kiper membuat tuan rumah gagal menggandakan keunggulan.

Malaga kembali mendapatkan peluang emas tiga menit sebelum turun minum. Namun, kali ini tendangan kaki kiri Joaquin dari dalam kotak penalti berhasil ditepis dengan gemilang oleh Diego Alves. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Malaga masih menguasai pertandingan di paruh kedua. Los Boquerones nyaris mencetak gol tambahan pada menit ke-48. Namun, Saviola kembali menyia-nyiakan peluang emas tersebut setelah tendangan jarak dekatnya masih melambung. Kerja sama Joaquin dengan Saviola pada menit ke-56 kembali membuat bek-bek Valencia kelimpungan. Sayang, tendangan mendatar Saviola ke pojok kanan gawang masih melebar.

Valencia akhirnya mendapatkan peluang pada menit ke-66. Mendapat sepak pojok dari sisi kiri pertahanan Malaga, Andres Guardado mengirim bola ke kotak penalti dan berhasil disambut Nelson Valdez. Namun, sundulan bomber asal Paraguay yang mengisi posisi Roberto Soldado itu masih belum menemui sasaran.

Setelah membuang banyak peluang, Saviola akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-75. Menerima umpan dari Portillo, Saviola melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu diselamatkan Diego Alves setelah terlebih dahulu membentur Ricardo Costa.

Enam menit berselang giliran striker pengganti, Roque Santa Cruz, yang masuk papan skor. Bola liar hasil tendangan Jesus Gamez di dalam kotak penalti langsung disambar pemain asal Paraguay yang merobek jala Diego Alves untuk ketiga kalinya. Padahal, ia baru berada di lapangan selama tiga menit!

Valencia semakin sulit mengejar ketertinggalan karena harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-84 usai Adil Rami mendapat kartu kuning kedua. Situasi itu dimanfaatkan Malaga untuk mencetak gol penutup lewat kaki Isco di masa injury time. Skor 4-0 untuk Malaga bertahan hingga laga usai.