Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Real Madrid Takluk di Markas Real Betis

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 25 November 2012 | 06:09 WIB
Cristiano Ronaldo, kecewa setelah menelan kekalahan ketiga musim ini. (Denis Doyle/Getty Images)

1 di tangan Real Betis dalam lanjutan jornada 13 La Liga di Stadion Benito Villamarin, pada Minggu (25/11). Gol tunggal gelandang andalan Verdiblancos, Benat Etxebarria, pada menit ke-17 memberi Los Blancos kekalahan ketiga musim ini.

Meski bermain di kandang lawan, Real Madrid langsung mengambil inisiatif penyerangan sejak babak pertama dimulai. Los Blancos langsung memperoleh peluang membuka skor lewat upaya sang mega bintang, Cristiano Ronaldo, pada menit ketujuh. Namun, tendangan pemain asal Portugal itu masih bisa diselamatkan kiper Betis, Adrian.

Betis tak lantas berdiam diri. Skuad asuhan Pepe Mel itu bahkan unggul terlebih dahulu setelah Benat Etxebarria sukses menjebol gawang Madrid yang dikawal Iker Casillas pada menit ke-17. Memanfaatkan kesalahan Angel Di Maria dalam membuang bola, Benat berhasil melepaskan diri dari kawalan Xabi Alonso sebelum mengirim tendangan keras ko pojok kanan gawang yang tak mampu dijangkau Casillas.

Di Maria nyaris membayar kesalahannya pada menit ke-31. Sayang, sepakan kaki kiri pemain asal Argentina itu masih menyamping ke sisi kiri gawang Betis.

Madrid sebenarnya mampu merobek jala Betis pada menit ke-37. Namun, gol Karim Benzema setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Xabi Alonso dianulir wasit. Hakim garis menganggap striker asal Prancis itu telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside. Skor 1-0 untuk Betis tak berubah hingga jeda.

Demi mengejar ketertinggalan, entrenador Madrid, Jose Mourinho, memasukkan Luka Modric dan Kaka untuk menggantikan Sami Khedira dan Mesut Oezil. Namun, justru Betis yang nyaris menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas Juan Carlos pada menit ke-57.

Kaka nyaris memecah kebuntuan Madrid lima menit berselang. Sayang, tendangan keras playmaker asal Brasil itu dari luar kotak penalti berhasil ditepis dengan gemilang oleh Adrian yang bermain luar biasa.

Betis ganti memiliki dua peluang beruntun pada menit ke-71. Namun, peluang Salva Sevilla dan Ruben Castro di kotak penalti Madrid masih melebar dari sasaran.

Adrian kembali beraksi pada menit ke-82. Tendangan bebas Ronaldo dan sundulan Benzema dari jarak dekat semenit berselang masih berhasil diblok kiper berusia 25 tahun itu. Skor 1-0 untuk kemenangan Betis akhirnya bertahan hingga laga usai.

Kekalahan ini membuat Madrid gagal mendekati perolehan poin Barcelona dan Atletico Madrid sebagai dua tim teratas di klasemen sementara La Liga. Mereka baru mengoleksi 26 poin, terpaut delapan dan lima angka dari Barcelona dan Atletico. Sebaliknya, kemenangan membuat Betis menyodok ke posisi kelima dengan koleksi 22 poin dan hanya kalah selisih gol dari Malaga yang berada peringkat keempat.