Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penalti Robinho Tumbangkan Juventus

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 26 November 2012 | 04:44 WIB
Robinho (Marco Luzzani/Getty Images)

0 pada pekan ke-14 Serie A, Senin (26/11) dini hari WIB. Gol tunggal Rossoneri dicetak Robinho melalui titik penalti.

Babak pertama dimulai AC Milan langsung melakukan beberapa kreasi serangan melalui kerjasama antara RObinho, Kevin Prince Boateng, dan Stephan El Shaarawy. Peluang pun datang pada menit ke-5 melalui kaki Mattia De Sciglio. Tendangannya dari luar kotak penalti meluncur keras tetapi melebar dari gawang yang dijaga Gianluigi Buffon.

Juventus bukan tanpa kesempatan. Tendangan Arturo Vidal dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Milan yang dijaga kiper marco Amelia.

Milan lebih banyak menguasai bola dan melakukan serangan ke daerah pertahanan Juventus. Kubu Bianconeri terkejut setelah Mauricio Isla dianggap meenyentuh bola di daerah terlarang. Milan pun dihadiahi penalti oleh wasit. Robinho yang menjadi algojo dengan baik melakukan tugasnya pada menit ke-31. Buffon yang sudah menebak arah bola tetap tidak bisa menghalau kerasnya bola ke dalam gawang. Milan unggul sementara 1-0 atas Juventus.

Milan yang melakukan strategi serangan balik cukup menyulitkan La Vecchia Signora. Beberapa kali serangan Juventus mentah karena banyaknya pemain Milan yang turun ke daerahnya sendiri. Hingga babak pertama usai skor masih sama 1-0 untuk keunggulan Rossoneri.

Babak kedua dimulai Juventus terlihat berambisi untuk mengejar ketertinggalan. Bianconeri langsung menekan pertahanan Milan. Namun sayang hingga menit ke-60 belum menciptakan peluang yang berarti.

Sebastian Giovinco yang baru masuk menggantikan Fabio Quagliarella mendapatkan kesempatan emas. Setelah mendapat umpan silang, ia berdiri bebas di depan gawang Milan, tetapi tendangan saltonya masih melambung. Juventus sementara masih tertinggal 0-1 dari Milan.

Juventus terlihat frustrasi karena tidak juga menciptakan gol meski beberapa kali membahayakan gawang Milan. Disiplin para pemain Rossoneri untuk bertahan membuat kubunya tidak kebobolan gol. Alhasil Milan berhasil menaklukkan juara bertahan Serie A, Juventus, dengan skor tipis 1-0.

Susunan pemain

AC Milan: Abbiati; De Sciglio, Mexes (Zapata 73'), Yepes, Constant; Montolivo, De Jong, Nocerino; Robinho (Pazzini 72'), Boateng (Flamini 84'), El Shaarawy

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Caceres; Isla (Padoin 46'), Vidal, Pirlo, Marchisio, Asamoah (Pogba 72'); Vucinic, Quagliarella (Giovinco 57')