Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vilanova Bangga Terhadap Pemain Jebolan La Masia

By Oka Akhsan M. - Selasa, 27 November 2012 | 23:10 WIB
Kompleks La Masia. (Jasper Juinen/Getty Images)

Entrenador Barcelona, Tito Vilanova, sangat bangga melihat skuad tim saat ini yang banyak dihuni pemain lulusan akademi La Masia. Menurut Vilanova, menjuarai La Liga dengan pemain binaan sendiri akan terasa lebih istimewa ketimbang dari hasil membeli pemain bintang berbanderol mahal.

Barcelona menurunkan skuad yang istimewa kala menang telak 4-0 atas Levante, pada Senin (26/11) dini hari WIB. Usai Tito Vilanova memasukkan Martin Montoya untuk menggantikan Dani Alves pada menit ke-13, maka seluruh personel Blaugrana yang ada di lapangan merupakan jebolan La Masia!

Hal tersebut sangat kontras dengan starting XI Valencia kala bentrok dengan Malaga di pekan yang sama. Pelatih Los Che, Mauricio Pellegrino, menurunkan 10 pemain asing dan hanya menampilkan bek kanan Antonio Barragan sebagai wakil Spanyol.

"Saya tidak peduli dengan kebijakan klub lain. Namun, saya rasa akan terasa lebih terhormat jika memenangi La Liga atau Liga Champion dengan tujuh atau delapan pemain didikan akademi sendiri, seperti apa yang telah Barcelona lakukan dalam beberapa tahun terakhir," kata Vilanova seperti dikutip dari laman Football-Espana.

"Mereka terpilih masuk tim karena memiliki kualitas. Jika tak bagus, maka kami tidak akan menurunkan mereka. Jika tim lain tak melakukannya, itu karena mereka memiliki opsi lain untuk memenangi sebuah turnamen," lanjut Vilanova.

"Bermain dengan 11 pemain cantera bukanlah tujuan utama kami dan tak seperti memenangi sebuah titel. Namun, bisa menurunkan 11 pemain binaan sendiri jelas merupakan sebuah kebanggaan bagi klub dan semua staf pelatih di sini," pungkas Vilanova.