Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gestur Monyet Kembali Terlihat di Stadium of Light

By Ade Jayadireja - Rabu, 28 November 2012 | 08:01 WIB
Aksi seorang fan mencemooh Romelu Lukaku. (Daily Mail)

Kasus rasisme kembali menodai pentas Premier League. Kali ini yang menjadi korban adalah pemain West Bromwich, Romelu Lukaku.

Dalam partai West Bromwich versus Sunderland yang berlangsung di Stadium of Light, Sabtu (24/11), seorang suporter tertangkap kamera saat sedang melakukan gerakan menyerupai monyet ke arah Romelu Lukaku. Cemoohan itu dilayangkan ketika si pemain tengah melakukan selebrasi.

Kasus tersebut sudah diserahkan ke kepolisian Northumbria. Mereka segera melakukan penyelidikan sebelum melakukan penangkapan.

"Polisi sedang melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan pelecehan rasis di laga Sunderland versus West Brom pada hari Sabtu. Laporan itu diterima Sabtu 24 November, pukul 10:10," ujar juru bicara kepolisian Northumbria seperti dikutip Daily Mail.

Di sisi lain, kubu Sunderland juga mendukung penyelidikan polisi: "Sunderland tidak memberi toleransi terhadap perilaku rasisme dan anti-sosial apapun. Tentu saja kami akan bekerja sama dengan polisi dalam menyelidiki insiden ini."

Kasus serupa pernah terjadi dalam bigmatch Manchester United versus Chelsea. Di partai yang berlangsung pada 1 November lalu itu, seorang fan bernama Gavin Kirkham menunjukkan gestur seperti monyet kepada Danny Welbeck. Alhasil, ia ditahan oleh polisi.