Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Senang Jadi Nominasi Pelatih Terbaik

By Krisna Octavianus - Jumat, 30 November 2012 | 13:53 WIB
Vicente del Bosque (Denis Doyle/Getty Images)

Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque mengakui bahwa dirinya senang bisa terpilih menjadi nominasi tiga besar pelatih FIFA of the Year.

Prestasi pelatih berusia 61 tahun ini tidak bisa terbantahkan lagi. Membawa La Furia Roja Juara Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2012 merupakan bukti nyata kontribusi mantan asrsitek Real Madrid ini. Dalam pemiliha pelatih terbaik dunia ia kan bersaing dengan Pep Guardiola dan Jose Mourinho, tetapi ia mengaku sedikit waspada dengan penghargaan ini.

"Saya senang karena ini selalu baik bisa menerima semacam pengakuan seperti ini. Akan tetapi, seperti yang saya sudah katakan berulang kali, saya tidak benar-benar percaya pada penghargaan tersebut," ujar Del Bosque seperti dilansir Football Espana.

"Saya pikir yang paling penting adalah bahwa ketiga pelatih terpilih milik Liga Spanyol yang menunjukkan seberapa tinggi kualitas liga di Spanyol," Del Bosque menambahkan.

Del Bosque menghabiskan setengah karir kepelatihan profesionalnya bersama Real Madrid medio 1994 dan 1999-2003. Dua gelar La Liga dan dua Piala Champion membuat dirinya ditarik federasi sepakbola Spanyol (RFEF) menjadi suksesor Luis Aragones selepas Piala Eropa 2008. Ia sudah menyumbangkan titel Juara Dunia 2010 dan mempertahankan mahkota Eropa 2012 bagi La Furia Roja.