Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Ajak Suporter Tahan Emosi

By Frengky Aruan - Jumat, 30 November 2012 | 15:58 WIB
Djohar Arifin Husin (Bolanews)

Laga krusial antara Indonesia melawan Malaysia dalam lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (1/12), dipastikan akan berjalan panas. Saking panasnya, El Clasico di tingkat Asia Tenggara bisa memunculkan emosi di lapangan.

Namun, tak hanya di dalam karpet hijau, emosi juga terkadang mampir ke para pendukung kedua tim, yang dipastikan turut membanjiri venue pertandingan. Untuk edisi kali ini, gesekan antar suporter sendiri sudah terjadi meski Indonesia dan Malaysia belum bertemu.

PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia tidak ingin gesekan tersebut terjadi. Lewat Djohar Arifin Husin, PSSI pun mengajak suporter Indonesia untuk tidak terpancing atau memancing.

"Jangan terpancing dengan situasi yang ada. Tetap tertib dan sebisa mungkin menahan diri. Suporter yang baik adalah suporter yang bisa menahan dirinya dari segala macam tindak provokasi. Mari kita dukung timnas dengan cara yang santun dan sportif," kata Djohar saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (30/11).

Namun demikian, PSSI kata Djohar tetap akan mengantisipasi terjadinya bentrokan. Dalam pertemuan dengan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan pihak pemerintah Malaysia, PSSI sudah meminta adanya pengamanan ekstra.

"Saya tidak mau ada hal-hal buruk terjadi. Maka dari itu, kami meminta ada penambahan jumlah personil keamanan baik di dalam, di pintu keluar stadion, hingga di luar," jelasnya.