Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Gianluca Rocchi, Wasit di Derby della Mole

By Okie Prabhowo - Sabtu, 1 Desember 2012 | 00:57 WIB
Kepemimpinan Gianluca Rocchi (kiri) pada Derby della Capitale. (Giuseppe Bellini/Getty Images)

Kepemimpinan wasit bisa menentukan akhir dari drama suatu pertandingan. Berikut hadir catatan wasit Gianluca Rocchi yang akan memimpin laga Juventus kontra Torino pada Derby della Mole pertama di Serie A musim 2012/13, Minggu (2/12) dini hari WIB.

* Gianluca Rocchi pernah memimpin laga Juventus yaitu saat melawan Genoa di Stadio Comunale Luigi Ferraris pada 16 September 2012. Pertandingan tersebut dimenangi La Vecchia Signora dengan skor 3-1.

* Dalam 10 pertandingan terakhir yang dipimpin Rocchi, tercatat ada 57 kartu kuning yang diberikannya, Empat kartu kuning kedua atau dengan kata lain berbuah kartu merah, dan satu kartu merah langsung.

* Paling banyak jumlah kartu yang terjadi pada saat laga Derby della Capitale, Lazio melawan AS Roma, pertama di Serie A musim ini. Terhitung ada delapan kartu kuning, satu kartu kuning kedua, dan satu kartu merah.

* Hanya dua pertandingan yang dipimpin Rocchi dengan jumlah kartu kuning tiga dalam 10 laga terakhir yang dipimpinnya. Dua laga tersebut di luar Serie A yaitu saat Polandia kontra Inggris pada kualifikasi Piala Dunia 2014 dan di Liga Champion, Barcelona melawan Glasgow Celtic.

* Tercatat Rocchi memiliki kecenderungan mengganjar kartu dengan jumlah banyak saat partai big match. Ada dua laga yang dimaksud yaitu saat Derby della Capitale di Serie A, dan di Liga Champion, Manchester City kontra Real Madrid pada November 2012. Ada delapan kartu kuning dan kartu kuning kedua dalam laga antara City mleawan Madrid tersebut.

Berdasarkan beberapa catatan tersebut dimungkinkan akan ada banyak kartu yang terjadi. Hal ini melihat laga Derby della Capitale yang terjadi pada pekan ke-12. Diperkirakan hanya terjadi gol dengan selisih satu sampai dua gol, mengingat tak ada hasil akhir laga yang berakhir dengan skor telak dalam 10 pertandingan terakhir yang dipimpin Rocchi.