Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Goetze Gagalkan Kemenangan Muenchen Atas Dortmund

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 2 Desember 2012 | 03:09 WIB
Mario Goetze (kedua dari kiri) (Getty Images)

1.

Kendati demikian, hasil tersebut membuat jarak kedua kubu tersebut tetap terpaut 11 poin di klasemen sementara Bundesliga. Muenchen masih kokoh di puncak dengan 38 poin, sedangkan Dortmund di peringkat tiga dengan 27 poin.

Bentrok dua tim terbaik di Bundesliga saat ini berlangsung ketat sejak awal hingga akhir pertandingan. Buktinya di babak pertama tidak ada satu gol pun yang sanggup diciptakan kedua tim yang menampilkan komposisi terbaik.

Akan tetapi, beberapa peluang langka berhasil diciptakan kedua kesebelasan di babak pertama. Bayern mendapatkan satu peluang dari tembakkan Thomas Mueller pada menit kedelapan yang masih digagalkan kiper Roman Weindenfeller. Sementara itu, Dortmund memperoleh peluang emas pada menit ke-44 lewat tembakkan keras kaki kiri Marco Reus yang juga sanggup dimentahkan kiper Manuel Neuer.

Di babak pertama Muenchen terpaksa mengganti salah satu bek terbaik, Holger Badstuber dengan Jerome Boateng karena mengalami cedera. Badstuber diperkirakan mengalami cedera lutut usai bertabrakkan dengan Goetze pada menit ke-37.

Di babak kedua kedua kesebelasan meningkatkan intensitas serangan demi mendapatkan peluang lebih banyak untuk mencetak gol. FC Hollywood akhirnya lebih dulu sukses memecah kebuntuan serangan melalui gol yang dicetak Toni Kroos pada menit ke-67. Gol yang mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Muenchen lahir dari tembakkan kaki kiri Kroos usai menerima operan dari Meuller dan melakukan sedikit gerak tipu untuk membuka ruang melepas tendangan.

Dortmund hanya butuh enam menit untuk menyamakan kedudukan setelah Kroos membuka keunggulan. Berawal dari eksekusi sepak pojok dan terjadi perebutan bola udara di depan gawang Neuer. Beruntung bola justru jatuh di kaki Goetze yang tanpa pikir panjang langsung melepaskan tendangan dan tidak berhasil digagalkan Neuer.

Bukan hanya Muenchen yang mengalami kerugian karena Badstuber mengalami cedera. Dari kubu Dortmund, Neven Subotic juga terpaksa digantikan dengan Felipe Santana pada menit ke-81 karena mengalami cedera pangkal paha. Setelah itu, hingga laga berakhir skor tetap imbang 1-1 dan Muenchen maupun Dortmund harus puas dengan tambahan satu poin di partai besar ini.