Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lima Gol Barcelona Taklukkan Bilbao

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 2 Desember 2012 | 03:56 WIB
Lionel Messi usai cetak gol kelima Barcelona. (David Ramos/Getty Images)

1 pada pekan ke-14 La Liga, Minggu (2/12) dini hari WIB. Lionel Messi menyumbang dua gol.

Babak pertama dimulai berjalan 10 menit, tika-taka Barcelona sudah terlihat. Namun sayang belum dapat menembus kotak penalti Athletic Bilbao. Baru pada menit ke-13 Andres Iniesta berhasil masuk ke dalam kotak penalti, tetapi tendangannya masih dapat ditangkap kiper Gorka Iraizoz.

Baru pada menit ke-22 Barcelona unggul atas Bilbao. Berawal dari sepak pojok lalu terjadi bola muntah dan berhasil dimanfaatkan Gerard pique untuk menghasilkan gol. Barcelona 1-0 Bilbao.

Lionel Messi pun menambah jumlah gol Barcelona tiga menit kemudian. Umpan terobosan Xavi Hernandez diterima dengan baik oleh Messi dan ia membawa bola hingga masuk kotak penalti. Aliran bola pun tak dapat ditepis kiper dan bahkan tidak berhasil dihalau pemain belakang Bilbao, Fernanado Amorebieta, meski sudah ditendang bola ke arah atas tetapi justru masuk ke gawang sendiri. Barcelona 2-0 Bilbao.

Adriano Correia menambah gol Barcelona pada penghujung babak pertama setelah menerima umpan yang cemerlang dari Fabregas ke dalam kotak penalti. Adriano pun langsung menembak bola dengan keras ke dalam gawang. Babak pertama usai Barcelona unggul sementara 3-0 atas Bilbao.

Babak kedua berjalan 12 menit, Barcelona semakin menunjukkan keperkasaannya di Nou Camp dengan mencetak gol keempat. Kini giliran Fabregas setelah menerima umpan mendatar yang sangat mengesankan dari Iniesta. Barcelona 4-0 Bilbao.

Pada menit ke-65 Bilbao mendapatkan gol juga setelah umpan terobosan Ander Iturraspe diterima Ibai Gomez. Ibai berlari masuk ke dalam kotak penalti dan melesakkan bola ke dalam gawang.

Namun gol Bilbao dibalas oleh Messi. Ia mencetak gol kelima Barcelona pada menit ke-70 usai menerima umpan pendek dari Pedro Rodriguez. Messi pun mengecoh beberapa pemain Bilbao lalu menendang keras bola dan menghasilkan gol. Barcelona 5-1 Bilbao. Hingga pertandingan usai skor tidak berubah untuk kemenangan Barcelona.

Susunan pemain:

Barcelona: Valdes; Alba, Mascherano, Pique, Adriano (Montoya 74'); Fabregas, Sergio (Song 75'), Xavi; Iniesta (Alcantara 74'), Messi, Pedro