Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferguson Sebut Mourinho Suksesor Dirinya di United

By Jaka Sutisna - Senin, 3 Desember 2012 | 21:56 WIB
Sir Alex Ferguson (Laurence Griffiths/Getty Images )

Meskipun sering beradu argumen ketika masih menjadi kompetitor langsung di arena Liga Premier, pelatih kawakan Manchester United, Sir Alex Ferguson menyakini Jose Mourinho merupakan sosok yang tepat untuk didapuk menjadi suksesor dirinya di Red Devils ketika ia pensiun kelak.

Pelatih berusia 70 tahun ini telah membesut Man. United sejak 1986. Namun demikian, saat ini Fergie belum menunjukkan gelagat akan meninggalkan kursi kepelatihan di Manchester Merah. Meski, beberapa tahun silam Fergie pernah mengungkapkan keinginan istirahat dari dunia racik strategi.

Secara gamblang pelatih legendaris yang baru dibuatkan patung sebagai penghormatan dari klub atas pengabdiannya, memuji The Spesial One. Dengan kemampuan melatihnya, Mou layak menjadi penerusnya.

"Dia bisa melatih di mana pun, itu sempurna," ujar Fergie saat ditanya apakah Mourinho bisa menjadi pengganti sepadan baginya di Man. United.

"Saya tidak pernah berpikir ada seorang yang tidak pernah bermain sepak bola bisa menjadi pelatih papan atas. Dia punya kepribadian luar biasa kuat yang mampu menjebatani kesenjangan," tambahnya lagi.

"Saya ingat konferensi pertamanya di Chelsea. Ia mengatakan kepada para pemainnya, saya adalah The Spesial One, kita tiadak boleh kalah dalam pertandingan," cerita Ferguson.

"Orang gila datang ke Inggris. Ia hanya seorang pemuda yang mengatakan dirinya spesial, tapi ia mengatakan kepada pemain Chelsea untuk memiliki keyakinan bisa memenangi liga," tambahnya.

Walaupun meninggalkan kesan angkuh yang membuat Fergie sebal, namun ia mengungkapkan sangat menikmati persahabatan dengan mantan bos Chelsea itu.

"Ketika ia datang ke kantor saya, ia bisa membuat lelucon melawan dirinya sendiri, itulah yang saya suka dari dia," pungkas opa Ferguson.