Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Ingatkan Menpora Soal Sanksi pada Indonesia

By Frengky Aruan - Selasa, 4 Desember 2012 | 17:04 WIB
Andi Mallarangeng (Bolanews)

Batas waktu yang diberikan FIFA kepada PSSI untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sepak bola Indonesia, sudah semakin menipis. Seperti yang disampaikan Sekretaris Jenderal Jerome Valcke, FIFA akan memutuskan sanksi bagi Indonesia apabila segala perintah yang harus dilakukan tak kunjung dijalani hingga 10 Desember 2012.

"Kasus Indonesia telah diperdebatkan di Organisasi tertinggi FIFA, dalam beberapa kesempatan. Pada September lalu, Komite Asosiasi FIFA sendiri telah memberikan waktu kepada PSSI sampai 10 Desember 2012 untuk mengadopsi statuta baru dan bekerja berdasarkan penunjukkan dari delegasi dan anggota. Komite Asosiasi mengingatkan jika gagal, kasus ini akan dibawa sebelum Komite eksekutif FIFA pada tanggal 14 Desember 2012 untuk diambil keputusan sanksi," jelas Jerome Valcke dalam suratnya.

Dalam surat yang dikirim pada 26 November itu, yang diutamakan untuk diketahui oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng, Sekjen FIFA juga berharap hal tersebut mendapat perhatian lebih.

"Dengan tenggat waktu yang akan habis dan sesuai dengan situasi saat ini, kami menganggap penting pemerintah Indonesia menyadari adanya kemungkinan sanksi yang akan diberikan kepada Indonesia. Kami menyadari betul bahwa Indonesia sangat suka sepak bola dan sanksi akan berdampak besar," jelas Jerome Valcke.