Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Statistik Juventus Tanpa Antonio Conte

By Syamsul Arif - Kamis, 6 Desember 2012 | 22:01 WIB
Antonio Conte (Football-italia.net)

Pelatih Juventus, Antonio Conte, belum pernah memimpin langsung tim dari pinggir lapangan selama musim 2012/13 berjalan. Conte telah absen pada 21 pertandingan yang dijalani Il Bianconeri di semua ajang yang diikuti. Berikut statistik hasil pertandingan yang ditorehkan Juventus tanpa didampingi Conte.

Antonio Conte mendapat hukuman dilarang mendampingi Juventus dari lapangan karena ia dinilai terlibat skandal Scommessopoli yang menerpa sepak bola Italia. Ia dinilai lalai melaporkan pengaturan skor yang diketahuinya ketika ia masih membesut Siena di Serie B. Pada awalnya ia divonis hukuman selama 10 bulan, tetapi setelah mengajukan banding, hukuman Conte dikurangi menjadi hanya empat bulan.

Selama masa hukuman itu, Conte masih dapat melatih tim di sesi latihan. Namun, ketika pertandingan berlangsung, posisi Conte digantikan sementara oleh Massimo Carrera dan Angelo Alessio secara bergantian.

Juventus tercatat  telah melewatkan 21 pertandingan tanpa didampingi sang pelatih. Hal itu dimulai ketika laga Piala Super Italia melawan Napoli, 11 Agustus 2012, di Beijing, China. Dari 21 pertandingan itu, La Vecchia Signora menorehkan 14 kemenangan (66,67 %), dua kekalahan (9,52%), dan lima hasil imbang (23,81%). Dua kekalahan yang dialami Il Bianconeri didapat dari dua seteru utama di Italia, Internazionale dan AC Milan.

Antonio Conte akan kembali mendampingi Juventus dari pinggir lapangan pada pekan ke-16 Serie A 2012/13, melawan Palermo, di Renzo Barbera. Sampai pekan ke-15, Juventus masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 35 poin. Il Bianconeri juga telah memastikan diri berlaga di babak sistem gugur Liga Champion 2012/13, karena menjadi juara Grup E. Mereka juga menyingkirkan sang juara bertahan, Chelsea, dari arena persaingan Liga Champion.