Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Derby Manchester 1974, Gol Law Hancurkan United

By Ade Jayadireja - Sabtu, 8 Desember 2012 | 14:20 WIB
Gol Denis Law ke gawang Man. United pada 1974. (Daily Mail)

16 Premier League, Minggu (9/12) malam WIB. Sejak mereka terlibat rivalitas pada 1881, pertemuan yang paling mengesankan mungkin adalah pada 1974.

Dari periode 1962 hingga 1973, Denis Law menjadi tumpuan utama di lini depan United. Namun setelah 11 tahun berseragam merah, ia membelot ke City.

Kemudian pada 1974, Setan Merah melakoni lawatan ke kandang City dengan harapan meraih kemenangan guna menghindari degradasi ke Divisi II. Pada pertandingan tersebut Law menendang bola dengan tumitnya dan bola meluncur mulus ke gawang United menjelang pertandingan usai.

Law tidak merayakan selebrasi setelah menjebol gawang mantan timnya. Gol tersebut menjadi gol semata wayang sekaligus mengirim Man. United ke Divisi II.

Hingga saat ini pun Law menyesali golnya. Ia seolah-olah tidak percaya telah membuat klub yang dicintainya terdegradasi.

"Saya hanya merasa tertekan, dan itu tidak seperti saya. Setelah 19 tahun berusaha sekuat tenaga untuk mencetak gol, ini adalah salah satu momen yang membuat saya berharap tidak masuk ke lapangan. Saya tidak ingin hal itu terjadi," ujar Law mengenang derby Manchester 1974.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/e8HQhV3ujyg" type="application/x-shockwave-flash"> </object>