Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kartu Merah Kepada Schmelzer Dicabut

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 11 Desember 2012 | 03:25 WIB
Marcel Schmelzer (Getty Images)

3 dari VfL Wolfsburg, Sabtu (8/12) malam WIB. Akan tetapi, otoritas sepak bola tertinggi Jerman mencabut hukuman tersebut dan Schmelzer terbebas dari larangan bermain di laga berikutnya.

Pemain bertahan berusia 24 tahun itu diganjar kartu merah usai melakukan handball di dalam kotak penalti di laga kontra Wolfsburg tersebut di babak pertama. Akibatnya, wasit memberikan hadiah tendangan penalti bagi Wolfsburg yang sukses dieksekusi Diego Ribas da Cunha dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Akan tetapi, setelah pertandingan wasit yang memimpin jalannya pertandingan, Wolfgang Stark, mengaku telah melakukan sebuah keputusan yang keliru karena sudah mengusir Schmelzer. Stark pun kabarnya telah melayangkan permohonan maaf kepada Dortmund dan BVB memutuskan mencabut kartu merah yang diberikan kepada Schmelzer.

"Biasanya ganjaran kartu merah terhadap pemain mengarah ke larangan bermain setidaknya satu pertandingan sejak FIFA secara umum melindungi keputusan wasit. Satu-satunya pengecualian adalah jika kartu merah yang diberikan kepada pemain tidak diragukan lagi karena kesalahan wasit," jelas pernyataan yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Jerman seperti dikutip Bild.