Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Zambia Cetak Gol Lebih Banyak dari Messi

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 12 Desember 2012 | 01:14 WIB
Lionel Messi (David Ramos/Getty Images)

Nama bintang Barcelona, Lionel Messi, sedang menjadi topik hangat di berbagai media di seluruh dunia setelah mengukir rekor gol dalam setahun. Namun, belakangan muncul klaim yang menyebut rekor gol pemain asal Argentina itu masih kalah dari seorang pemain Afrika.

Lionel Messi mencetak gol ke-85 dan 86 sepanjang 2012 ketika Barcelona menang 2-1 atas Real Betis, pada akhir pekan lalu. Torehan tersebut melewati rekor 85 gol dalam setahun milik striker legendaris Jerman, Gerd Mueller, yang telah bertahan sejak 1972.

Namun, media Spanyol justru mengabarkan rekor Messi masih kalah jauh dari pemain asal Afrika, Godfrey Chitalu. Bomber asal Zambia itu disebut-sebut mencetak 107 gol di semua kompetisi untuk Kabwe Warriors dan tim nasional Zambia pada 1972!

Setelah pensiun, Chitalu kemudian ditunjuk menjadi pelatih Zambia. Namun, ia tewas secara tragis ketika pesawat yang membawa rombongan tim nasional Zambia untuk menjalani laga kualifikasi Piala Dunia mengalami kecelakaan pada 1993.

Menurut laporan Football-Espana, berita tersebut sontak langsung dibesar-besarkan oleh media yang berbasis di Madrid. Namun, secara umum kabar tersebut hanya dianggap angin lewat karena sepak bola Afrika tidak seketat di Eropa.