Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wenger Akui Bertanggung Jawab Atas Kondisi Arsenal

By Octa Kusuma Nugraha - Kamis, 13 Desember 2012 | 22:48 WIB
Arsene Wenger (Laurence Griffiths/Getty Images)

Rentetan hasil buruk yang diperoleh Arsenal jelang paruh musim 2012/13 menuai kritik para suporter setianya. Hujatan yang terlontar dari Gooners ini adalah yang terburuk selama manajer The Gunners, Arsene Wenger, berkuasa sejak 1996.

Banyak pihak menilai 16 tahun berkuasa membuat Arsene Wenger menjadi 'diktator kecil'. Keputusannya hingga hal-hal detail seolah tak mampu dibantah para staf pelatih, bahkan pemilik klub sekalipun.

Arsene Wenger pun tak menolak tanggung jawab terkait performa buruk yang diderita Arsenal. Menurutnya, segala sesuatu yang terjadi di tubuh The Gunners adalah hasil buah tangannya.

"Saya merasa bertanggung jawab atas evolusi klub ini. Ketika anda sudah berada di sini selama 16 tahun, anda adalah bagian dari sejarah dan orang yang bertanggung jawab atas nilai-nilai yang ingin ditampilkan klub," kata Wenger pada Four Four Two.

"Sebagai contoh, jika seorang manajer diganti setiap dua tahun dan pemain tinggal selama 10 tahun, maka pemain akan selalu memiliki pengaruh yang lebih besar."

"Anda hanya bisa melakukan hal yang baik dalam hidup jika melakukan apa yang anda yakini benar. Kami selalu berhasil mengelola klub dengan sumber daya yang dimiliki sendiri, memberi kesempatan untuk pemain muda dan mengembangkan gaya permainan yang kami anggap benar," tambah pria Prancis berusia 63 tahun ini.