Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi Sebut Barcelona Pantas Pamerkan La Masia

By Randy Wirawan - Jumat, 14 Desember 2012 | 04:43 WIB
Xavi Hernandez (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Xavi Hernandez membalas komentar kiper Real Madrid, Iker Casillas, yang menyebut Barcelona tak pantas menyombongkan La Masia. Menurut Xavi, memiliki sembilan pemain didikan akademi sendiri yang menjadi juara Eropa dan Dunia justru merupakan sesuatu yang pantas dibanggakan.

Iker Casillas mengatakan Barcelona tak layak membesar-besarkan La Masia setelah menurunkan 11 pemain jebolan akademi sendiri di sebuah pertandingan. Pasalnya, beberapa tahun lalu Blaugrana juga pernah tampil dengan 11 pemain asing di skuad mereka.

"Saya tidak sependapat dengan Casillas terkait masalah akademi klub. Kami fokus membina pemain muda karena saat ini mereka memiliki banyak kesempatan, tak seperti di masa lalu," kata Xavi seperti dikutip dari laman Football-Espana.

"Kami pantas membanggakan La Masia karena sulit bagi seorang pemain muda untuk beradaptasi dengan cepat di tim utama. Di skuad kami terdapat delapan atau sembilan pemain yang pernah menjadi juara Eropa dan Dunia. Pencapaian itu tak merupakan kebanggaan Spanyol dan Barcelona," pungkas Xavi.