Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Halim Sebut Masalah Indonesia akan Dibawa ke AFC

By Frengky Aruan - Jumat, 14 Desember 2012 | 14:47 WIB
Halim Mahfudz (Bolanews)

Disanksi atau tidaknya Indonesia oleh FIFA, belum jelas. FIFA sendiri baru mengadakan rapat Komite Eksekutif (Komek), di Tokyo, Jepang, Jumat (14/12), di mana salah satunya kemungkinan akan membahas permasalahan di sepak bola Indonesia.

Namun demikian, selintingan kabar beredar mengiringi penentuan nasib Indonesia. Salah satunya menyebut bahwa Indonesia tidak akan disanksi FIFA.

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz sendiri tidak berbicara soal sanksi ketika ditanyakan. Yang jelas, menurutnya, permasalahan di sepak bola Indonesia akan ditarik ke ranah Asia. Artinya, penyelesaian masalah akan dilakukan oleh AFC.

"Rapat Komite Eksekutif FIFA melihat bahwa upaya PSSI untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan kemajuan positif sehingga kelanjutan masalah di Indonesia cukup diselesaikan di tingkat Asian Football Confederation (AFC) sebagai induk organisasi kawasan Asia," jelas Halim dalam pesan singkat, Jumat (14/12).

Rencana membawa permasalahan di sepak bola Indonesia ke internal AFC sebenarnya bukan kabar baru. Sebelumnya, dalam jumpa pers di Gedung Kemenpora, Kamis (14/12), Ketua tim Task Force bentukan pemerintah, Rita Subowo mengaku telah mendapat infomasi dari Pelaksana Tugas Presiden AFC, Zhang Jilong, bahwa masalah sepak bola Indonesia akan diselesaikan oleh AFC.