Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA, Ini Kesempatan Terakhir untuk Indonesia

By Frengky Aruan - Jumat, 14 Desember 2012 | 20:58 WIB
FIFA (Getty Images)

Pernyataan Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, yang menyebut bahwa FIFA urung menjatuhkan sanksi, benar adanya. Dalam laman resminya, FIFA sendiri membenarkan memberi perpanjangan waktu kepada sepak bola Indonesia hingga tiga bulan ke depan.

"PSSI sendiri telah mengajukan roadmap program penyelesaian untuk tiga bulan ke depan," kata FIFA dalam situs resminya, FIFA.com.

Namun, FIFA meminta PSSI untuk benar-benar menjalankan program itu dengan baik dan segera menyelesaikan permasalahan yang ada. FIFA menyebut bahwa keputusan untuk memberi perpanjangan waktu kepada PSSI hingga Maret 2013 merupakan kesempatan terakhir dari FIFA.

"Oleh itu, situasi di PSSI akan dilihat kembali Komite Asosiasi dan Komite Eksekutif FIFA di rapat selanjutnya. Ini adalah batas waktu yang paling terakhir yang diberikan kepada PSSI untuk benar-benar menormalkan situasi," jelas FIFA.

Buat Indonesia, perpanjangan waktu ini merupakan kali ketiga. Pada Maret 2012, FIFA telah memberi tambahan waktu agar Indonesia menyelesaikan permasalahan hingga 15 Juni 2012, sebelum akhirnya kembali diundur hingga 10 Desember 2012.

Namun, dalam rapat Komite Eksekutif, Jumat (14/12), Indonesia akhirnya lolos dari sanksi. Dalam laman resminya, FIFA menyebut bahwa selanjutnya akan mengadakan rapat Komite Eksekutif pada 20 dan 21 Maret 2013.