Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cristiano Ronaldo Layak Jadi Panutan Pemain Muda

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 15 Desember 2012 | 00:26 WIB
Cristiano Ronaldo (Denis Doyle/Getty Images)

Mantan striker Real Madrid dan Espanyol, Rafa Maranon, membela Cristiano Ronaldo yang disebut arogan dan sombong. Maranon menggambarkan bintang asal Portugal itu sebagai sosok yang pemalu dan gigih berlatih agar bisa menjadi pemain hebat.

Rafa Maranon menyatakan Cristiano Ronaldo sangat pantas dijadikan panutan bagi para pemain muda. Pasalnya, tak banyak pemain seperti Ronaldo yang mampu mengembangkan talenta yang dimiliki untuk menjadi pemain terbaik dunia ketika naik dari akademi klub ke tim senior.

"Saya menyukai pemain muda. Masing-masing dari mereka pasti memiliki karakter unik yang sangat dibutuhkan di level junior. Namun, jika pemain itu tak memiliki mental yang kuat, maka talentanya tak akan berguna di tim senior," kata Maranon seperti dikutip dari laman Football-Espana.

"Tak semua orang mampu memaksimalkan talenta besarnya seperti Ronaldo dan Messi. Messi sangat unik karena dirinya merupakan pribadi yang simpel. Sedangakan Ronaldo sebenarnya jauh dari sikap arogan. Ia merupakan sosok yang gigih berjuang dan sedikit pemalu. Mereka telah bekerja keras untuk menjadi pemain terbaik dunia," pungkas Maranon.