Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Penyelamatan Terbaik Kiper-Kiper di Serie A

By Okie Prabhowo - Sabtu, 15 Desember 2012 | 14:34 WIB
Mattia Perin, paling banyak melakukan penyelamatan pada pekan ke-16. (Gabriele Maltinti/Getty Images)

17, berikut ada 10 penyelamatan terbaik kiper pada pekan ke-16.

Mattia Perin, kiper Pescara, menjadi yang paling banyak terpilih dalam deretan 10 penyelamatan kiper terbaik pada pekan ke-16. Ia melakukan tiga kali penyelamatan dalam laga melawan Genoa. Pertama saat tendangan lambung striker Marco Borriello dapat dijangkau dan dengan tenang bola dikuasainya.

Kedua, Perin menepis bola yang berada di pojok gawang hasil tendangan bebas dari gelandang Genoa, Daniel Tozser. Ketiga yaitu ketika Borriello sudah berhadapan muka dengan Perin. Kiper berusia 20 tahun tersebut menghempaskan bola dengan kakinya sehingga arah bola melambung ke atas mistar gawang dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Penjaga gawang Palermo, Samir Ujkani, juga terpilih setelah berhasil menepis bola tendangan keras Claudio Marchisio dari dalam kotak penalti.

Zeljko Brkic, kiper Udinese, juga tidak ketinggalan dalam daftar ini. Penjaga gawang asal Serbia ini menghalau bola dengan kakinya hasil tendangan striker Sampdoria, Mauro Icardi. Lalu ia juga dengan baik menepis tendangan penalti dari Nicola Pozzi pada menit ke-64.

Stefano Sorrentino, kiper Chievo, melakukan penyelamatan gemilang setelah menghalau bola tendangan volleh dari penyerang Cagliari, Marco Sau. Hebatnya Sorrentino dapat menepis bola sedangkan bola sangat keras mengarah ke gawang.

Dalam laga melawan Fiorentina dengan hasil akhir 4-2 untuk kemenangan As Roma, kiper Mauro Goicoechea melakukan salah satu penyelamatan yang hebat. Posisinya terlalu maju di depan gawang tetapi berhasil menutup ruang tembak dari Stefan Savic. Bek Viola tersebut menendang keras bola dari luar kotak penalti dan dengan baik ditepis Goicoechea.

Saat Internazionale sudah unggul 2-0 atas Napoli, Samir Handanovic tetap fokus bermain dengan baik. Ia dengan cemerlang menepis bola tendangan keras kaki kiri Gokhan Inler dari luar kotak penalti.

Sampdoria boleh sudah kalah 0-2 dari tim tamu, Udinese, tetapi kiper Sergio Romero tidak mau Doria kebobolan lebih banyak. Ia melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola tendangan melengkung dari striker udinese, Antonio Di Natale. Kiper asal Argentina tersebut melompat jauh dan menepis bola dengan satu tangan.

Berikut cuplikan 10 penyelamatan terbaik kiper pada pekan ke-16.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/iq5Pgx0d-eY" type="application/x-shockwave-flash"> </object>