Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Moyes Sebut Fellaini Pantas Diganjar Hukuman

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 16 Desember 2012 | 03:27 WIB
Insiden saat Marouane Fellaini menanduk Ryan Shawcross (Getty Images)

David Moyes sama sekali tidak melakukan pembelaan terhadap perbuatan yang telah dilakukan Marouane Fellaini terhadap Ryan Shawcross. Manajer Everton itu justru membenarkan anak asuhnya telah melakukan tindakkan tidak pantas dan layak mendapat sanksi.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/mwqIMo5uQqs" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

Everton bermain imbang 1-1 menyambangi markas Stoke City, Sabtu (15/12) malam WIB. Akan tetapi, saat laga tersebut berlangsung ada sebuah insiden yang dilakukan secara sengaja oleh Fellaini saat perebutan bola sepak pojok di babak kedua. Saat itu Fellaini tidak dibiarkan Shawcross bergerak bebas, namun tiba-tiba pemain berambut kribo ini menanduk wajah kapten Stoke itu hingga membuatnya terjerembab kesakitan.

Sayangnya, tindakan tersebut luput dari pengamatan wasit Mark Halsey yang memimpin jalannya pertandingan. Alhasil, tidak ada sanksi yang diberikan terhadap Fellaini. Kendati demikian, otoritas tertinggi sepak bola Inggris tentu tidak akan tinggal diam dan bukan tidak mungkin akan melakukan penyelidikan yang mengancam Fellaini dijatuhi hukuman.

"Ya, ia melakukan itu dan kami akan menerima apapun hukuman yang akan dijatuhkan terkait perbuatan tersebut. Saya sudah mengatakan kepadanya di ruang ganti bahwa itu adalah tindakan yang tidak bisa diterima dan apapun sanksi yang diberikan ia pantas menerimanya," kata Moyes seperti dikutip Sky Sport.

"Saya biasanya melakukan protes jika kami mendapat perlakuan tidak wajar. Jadi, saya pikir ketika kami yang melakukan tindakkan seperti itu, sudah sewajarnya mendapat hukuman. Ia seharusnya dikeluarkan dari lapangan pertandingan. Jika wasit melihat itu, sudah seharusnya ia mengusir Marouane," lanjutnya.