Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Atasi Swansea, Tottenham ke Posisi Empat Klasemen

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 16 Desember 2012 | 23:40 WIB
Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol Jan Vertonghen (Getty Images)

0 atas Swansea City, Ahad (16/12) malam WIB, membuat Tottenham Hotspur berhasil naik ke posisi empat klasemen sementara Premier League. Gol semata wayang yang terjadi di pertandingan tersebut diciptakan Jan Vertonghen pada menit ke-75.

Tampil di White Hart Lane membuat Spurs bermain lebih dominan di sebagian besar jalannya pertandingan. Akan tetapi, pada awal-awal babak pertama justru Swansea lebih dulu menekan.

Perlahan tapi pasti skuad yang tidak bisa diperkuat Gareth Bale karena cedera mulai menata permainan menjadi lebih baik. Alhasil, kombinasi Jermain Defoe, Emmanuel Adebayor, dan Clint Dempsey yang ditopang Sandro dan Moussa Dembele memaksa pasukan Michael Laudrup bermain bertahan.

Kendati demikian, kokohnya benteng pertahanan Swansea selalu menyulitkan para punggawa Spurs menciptakan peluang bagus di babak pertama. Pertandingan di babak pertama pun harus berakhir dengan imbang tanpa gol.

Di babak kedua tidak banyak perbedaan permainan kedua kesebelasan di lapangan. Laga terus berlangsung alot dan Tottenham tetap terlihat kesulitan menembus pertahanan Swansea.

Kerugian dialami tim tuan rumah saat Adebayor tidak mampu melanjutkan pertandingan pada menit ke-72 setelah mengeluh sakit di bagian paha dan digantikan Andros Townsend. Padahal, dua menit sebelumnya Andre Villas-Boas sudah terlanjur menarik Dempsey dan memasukkan Gylfi Sigurdsson. Praktis Spurs tinggal menggandalkan Defoe di lini depan.

Tanpa Adebayor dan Dempsey The Lilywhites sepertinya akan lebih sulit memecah kebuntuan serangan. Akan tetapi, tanpa kedua pemain tersebut Tottenham justru akhirnya berhasil menciptakan gol pada menit ke-75.

Berawal dari tendangan bola mati eksekusi Kyle Walker yang langsung mengarahkan umpan silang ke depan gawang Gerhard Tremmel. Perebutan bola pun terjadi di depan gawang Swansea, namun bola justru atuh di kaki Vertonghen yang tanpa basa-basi langsung melepaskan tembakkan dan tidak sanggup digagalkan Tremmel.