Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Istimewa Busquets ke Gawang Atletico Madrid

By Oka Akhsan M. - Senin, 17 Desember 2012 | 22:51 WIB
Sergio Busquets (Jasper Juinen/Getty Images)

Gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets, menjadi salah satu sosok yang berperan besar dalam kemenangan meyakinkan Blaugrana atas Atletico Madrid, pada Senin (17/12) dini hari WIB. Tak hanya menjadi penyeimbang di lini tengah, Busquets juga berhasil mencetak gol yang cukup vital bagi klub asal Katalan itu.

Meski bermain di Camp Nou, Barcelona tidak memulai pertandingan dengan baik. Blaugrana tertinggal terlebih dahulu ketika Radamel Falcao mencetak gol pembuka Atletico pada menit ke-31. Namun, Barcelona sukses menyamakan kedudukan lima menit berselang lewat gol indah Adriano.

Saat babak pertama tinggal menyisakan satu menit dan terlihat akan berakhir imbang, Busquets muncul sebagai pahlawan. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Atletico, Busquets sukses mencetak gol yang membuat Barcelona berbalik unggul dan meraih kepercayaan diri kembali di babak kedua.

Gol yang dicetak Busquets terbilang cukup spesial. Alih-alih langsung menendang bola dengan keras, ia justru melakukan gerak tipu yang mengecoh bek lawan sebelum melepaskan sepakan terarah yang merobek jala Thibaut Courtois. Aksi tersebut jarang sekali bisa kita saksikan mengingat peran Busquets sebagai gelandang perebut bola yang tugas utamanya bukanlah mencetak gol.

"Saya tahu dalam situasi seperti itu bek dan kiper pasti akan menjatuhkan diri. Itulah alasan mengapa saya menunggu sebelum melepaskan tendangan," kata Busquets seperti dikutip dari laman Football-Espana.

"Sangat penting bagi kami untuk mempertahankan level permainan seperti saat ini. Saya selalu bermain untuk tim dan sesekali mencoba melakukan sesuatu yang spesial," lanjut Busquets.

Barcelona akhirnya menutup laga dengan kemenangan 4-1 setelah Lionel Messi mencetak dua gol untuk menambah koleksi golnya pada tahun ini menjadi 90. Hasil itu membuat selisih poin Barcelona dengan Atletico dan Real Madrid hingga jornada 16 melebar menjadi sembilan dan 13.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/tgkXBwhWNzQ" type="application/x-shockwave-flash"> </object>