Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xabi Alonso Sebut Madrid Bermain Terlalu Santai

By Oka Akhsan M. - Selasa, 18 Desember 2012 | 01:37 WIB
Xabi Alonso (Jasper Juinen/Getty Images)

2 melawan tim papan bawah yang tengah limbung, Espanyol, dalam lanjutan jornada 16 La Liga di Santiago Bernabeu, pada Senin (17/12) dini hari WIB. Gelandang Los Blancos, Xabi Alonso, menyebut timnya gagal meraih tiga poin karena bermain terlalu santai.

Dalam laga tersebut, Real Madrid sempat teringgal satu gol sebelum membalikkan keadaan di awal babak kedua. Los Blancos kemudian memiliki banyak kesempatan untuk memperbesar keunggulan di sisa pertandingan, namun selalu gagal karena kiper Espanyol, Kiko Casilla, bermain sangat luar biasa.

Kegagalan Madrid menambah gol harus dibayar mahal dua menit jelang laga berakhir. Espanyol berhasil menyamakan kedudukan dengan memanfaatkan situasi bola mati yang menjadi titik lemah Los Merengues pada musim ini.

"Ini hasil yang sangat buruk karena kami mengincar kemenangan. Kami memulai laga dengan baik, namun kemudian bermain terlalu santai dan tidak mampu mencetak gol tambahan. Kegagalan kami dalam memanfaatkan peluang akhirnya harus dibayar mahal," kata Xabi Alonso seperti dikutip dari laman Football-Espana.

"Jika kami mampu mencetak gol ketiga dan seterusnya, maka keadaan seperti ini bisa diminimalisir. Kami jelas akan berada dalam situasi yang menguntungkan untuk meraup tiga poin," lanjut Xabi Alonso.

Hasil imbang melawan Espanyol membuat Madrid gagal menjaga selisih poin dengan sang rival, Barcelona. Skuad asuhan entrenador Jose Mourinho itu bahkan kini tertinggal hingga 13 poin setelah Blaugarana menang telak 4-1 atas Atletico Madrid di Camp Nou.