Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menanduk Shawcross, Fellaini Dihukum Tiga Laga

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 18 Desember 2012 | 02:52 WIB
Marouane Fellaini (Getty Images)

Otoritas tertinggi sepak bola Inggris, FA, sudah memberikan hukuman atas tindakkan yang dilakukan Marouane Fellaini terhadap Ryan Shawcross. Pemain berambut kribo itu dipastikan akan absen dari skuad Everton dalam tiga laga ke depan.

Insiden yang tidak pantas dilakukan oleh seorang profesional itu terjadi saat Everton bermain imbang 1-1 melawan Stoke City, Sabtu (15/12). Fellaini secara sengaja menanduk wajah Shawcross saat berebut bola sepak pojok di depan gawang Stoke. Akan tetapi, perbuatan tersebut sama sekali tidak terlihat oleh Mark Halsey, wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

"Marouane Fellaini akan absen dari jadwal pertandingan Everton saat Natal setelah dituduh FA sudah melakukan tindak kekerasan di laga melawan Stoke City. Tuduhan itu terkait insiden pada menit ke-59 di pertandingan tersebut yang melibatkan Fellaini dan Ryan Shawcross. Kejadian tersebut lepas dari penglihatan wasit, tapi tertangkap kamera. Klub dan pemain tersebut menerima sanksi yang diberikan dan Fellaini mendapat hukuman larangan bermain sebanyak tiga laga," tulis pernyataan yang dirilis Everton seperti dikutip The Guardian.

Sebelumnya Fellaini juga sudah mengutarakan permohonan maaf atas tindakkan tidak profesional yang sudah dilakukannya. Pemain asal Belgia ini mengaku lepas kontrol sehingga tidak dapat mengendalikan emosi.

"Saya ingin meminta maaf kepada Ryan Shawcross, rekan satu tim, dan fan kami di pertandingan tersebut. Ada banyak dorongan dan tarikan di dalam kotak penalti Stoke dan saya tidak merasa tidak mendapat perlindungan dari ofisial. Kendati demikian, saya tahu tidak seharusnya melakukan hal tersebut," ujar Fellaini seperti dikutip situs resmi Everton.

"Saya juga meminta maaf kepada manajer dan para staf. Saya tidak punya alasan melakukan hal itu, saya menyesal telah melakukan itu dan kehilangan kendali emosi, sebuah tindakan tidak profesional yang telah saya lakukan," ungkapnya.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/DjoFpiV9w7I" type="application/x-shockwave-flash"> </object>