Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dortmund Bukan Tim Favorit Juara di Liga Champion

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 18 Desember 2012 | 03:55 WIB
Mats Hummels (Getty Images)

tim besar Eropa yang menjadi favorit.

Ironisnya fakta di babak penyisihan grup Liga Champion yang telah terlewati sangat masuk akal Dortmund layak disejajarkan dengan tim-tim besar langganan juara seperti Real Madrid, Bayern Muenchen, Barcelona, atau Manchester United. Pasalnya, pasukan Jurgen Klopp begitu meyakinkan saat memperebutkan dua tempat di Grup D, grup terberat karena dihuni Madrid, Ajax Amsterdam, dan Manchester City.

Bersaing dengan tiga klub juara dari Inggris, Spanyol, dan Belanda Dortmund keluar sebagai yang terbaik dengan memuncaki klasemen akhir Grup D. Selain itu, Hummels cs. juga mencatatkan rekor tidak terkalahkan selama babak penyisihan grup.

"Fakta Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson menganggap kami sebagai tim favorit merupakan pujian nyata bagi kami. Akan tetapi, itu sama sekali tidak berarti berada di mana kami di akhir," kata Hummels seperti dikutip Kicker.

"Mungkin ada tiga atau empat pesaing memperebutkan gelar. Mungkin kami berada di belakang mereka. Akan tetapi, kami tidak ada di jajaran para favorit besar," ungkapnya.