Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Napoli Kena Pangkas Dua Poin, Turun ke Posisi Lima

By Okie Prabhowo - Selasa, 18 Desember 2012 | 23:16 WIB
Paolo Cannavaro (kanan), kena sanksi larangan bermain enam bulan. (Getty Images)

Napoli kena sanksi pengurangan dua poin terkait kasus pengaturan pertandingan. Sementara itu kapten dan wakil kapten tim, Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava, dilarang bermain untuk enam bulan.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah mengonfirmasi tentang hukuman tersebut, Selasa (18/12). Pihak Napoli juga kena denda sebesar 70 ribu euro atau sekitar 896 juta rupiah, seperti dilansir Football Italia.

Napoli dikenakan hukuman sebagai tindak lanjut dari penyelidikan kasus pengaturan pertandingan yang dilakukan mantan kiper I Partenopei, Matteo Gianello.

Gianello didakwa mencoba untuk mengatur laga pada Mei 2010 saat Napoli menghadapi Sampdoria dengan meminta bantuan dari Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava. Saat itu Sampdoria berhasil mengalahkan Napoli 1-0 pada pekan terakhir Serie A musim 2009/10.

Cannavaro dan Grava mengaku tidak mengetahui sama sekali tentang niat dari Gianello. Namun mereka berdua tetap dijatuhi sanksi karena dakwaan tidak melaporkan upaya pengaturan pertandingan.

Gianello, yang sedang tidak membela klub apa pun, juga terkena sanksi larangan bermain untuk tiga tahun dan tiga bulan. Mengingat ia saat kasus terjadi masih berkostum Napoli, maka FIGC tetap menghukum I Partenopei yang masuk sebagai pihak yang bertanggung jawab secara objektif.

Dengan pengurangan dua poin, maka Napoli kini turun ke posisi lima dari posisi tiga klasemen sementara dengan raihan nilai 31. Napoli tetap akan mengajukan banding karena ada dua pemainnya yang kena larangan bermain.