Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pengacara Cannavaro Mengecam Pernyataan Gianello

By Randy Wirawan - Rabu, 19 Desember 2012 | 00:01 WIB
Matteo Gianello, mantan kiper Napoli yang didakwa melakukan tindakan pengaturan pertandingan. (wikipedia)

Pengacara Paolo Cannavaro mengecam mantan kiper Napoli, Matteo Gianello, yang melakukan pengakuan dengan pernyataan yang tidak konsisten. Karena Gianello, Cannavaro dikenakan sanksi larangan bermain selama enam bulan. Kapten tim I Partenopei tersebut dianggap tidak melaporkan upaya pengaturan skor pada musim 2009/10 saat melawan Sampdoria.

"Gianello memberikan beberapa versi yang berbeda dari ceritanya. Satu dari setiap cerita tersebut telah diperdengarkan," ujar pengacara Paolo Cannavaro kepada Sky Sport Italia.

"Bahkan pada saat persidangan ia mengungkapkan bhawa ia telah berbicara dengan Grava dan Cannavaro di tempat yang berbeda. Ini berbeda dengan apa yang sebelumnya diklaim oleh Gianello," lanjut pengacara Cannavaro tersebut.

Gianello didakwa mencoba untuk mengatur laga pada Mei 2010 saat Napoli menghadapi Sampdoria dengan meminta bantuan dari Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava. Saat itu Sampdoria berhasil mengalahkan Napoli 1-0 pada pekan terakhir Serie A musim 2009/10.

Cannavaro dan Grava mengaku tidak mengetahui sama sekali tentang niat dari Gianello. Namun mereka berdua tetap dijatuhi sanksi karena dakwaan tidak melaporkan upaya pengaturan pertandingan.

Namun anehnya, Gianello saat laga melawan Sampdoria bahkan tidak masuk dalam skuad. Kiper berusia 36 tahun tersebut hanya berada di bangku cadangan untuk enam laga Serie A, yaitu saat menghadapi Lazio, Catania, Bologna, Cagliari, Bari, dan pertemuan kedua dengan Lazio.