Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

KONI Siap Bentuk Timnas untuk SEA Games 2013

By Frengky Aruan - Kamis, 20 Desember 2012 | 21:53 WIB
Tono Suratman (Bolanews)

KONI Pusat akan mengambil langkah untuk membentuk tim yang akan tampil di ajang SEA Games 2013 Myanmar cabang sepak bola. Demikian disampaikan oleh Ketua KONI Pusat, Tono Suratman.

Menurut Tono, langkah ini diambil bukan tanpa sebab. Ini dilakukan mengingat masih belum selesainya kemelut di sepak bola Indonesia, yang berpeluang kembali membuat timnas tidak diperkuat pemain terbaik.

"Ini demi merah-putih. Dari ISL ada atlet terbaik, begitu juga dari IPL," kata Tono Suratman, Kamis (20/12).

Tono menambahkan pihaknya tidak takut disebut melakukan intevensi. Ia mengatakan bahwa pihaknya juga berhak melakukan langkah tersebut lantaran sebagai pengendali Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), yang memiliki kebijakan mengenai persiapan SEA Games.

"PSSI juga kan di bawah KONI dan dalam UU diatur demikian. PSSI juga tidak bisa jalan sendiri karena ada induk organisasi," ujarnya.

Sementara itu, perihal persiapan Tono mengatakan bawa pihaknya akan menyertakan 33 nama pemain. "Itu dari PSSI dan KPSI. Sebelumnya mereka kan sudah mengajukan nama. Tapi, banyak yang dari KPSI," terangnya.

Ke-33 pemain itu kemungkinan besar, jelas Tono, dilatih oleh Rahmad Darmawan. "Pemilihan Rahmad Darmawan, karena kami ingin pelatih yang terbaik dari baik. Untuk persiapan akan kita mulai 1 Januari 2013," sambungnya.