Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cruyff Yakin Performa Buruk Real Madrid Karena Mou

By Windu Puspa Ningtyas - Jumat, 21 Desember 2012 | 10:41 WIB
Johan Cruyff mengkritik metode Jose Mourinho. (CON/Getty Images)

Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, menganggap pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, salah langkah. Dia juga yakin absennya Tito Vilanova tidak memberikan dampak buruk bagi Barcelona.

Cruyff mengatakan bahwa Mourinho harus membayar segala keputusan atas metode yang dipilihnya untuk skuad. Saat ini Real Madrid masih tertahan di posisi tiga klasemen sementara. Pria berusia 65 tahun itu pun menyarankan agar Los Blancos mengadaptasi pola perekrutan pemain yang dijalankan Blaugrana.

"Mourinho akan mebayar konsekuensi atas perangai negatifnya. Dia berpikir caranya melatih sudah benar dan mengukurnya dari hasil di masa lalu tetapi saya yakin itu salah. Saya tidak terkejut dengan apa yang terjadi pada Real Madrid. Hal seperti itu akan terjadi jika Anda selalu bermain-main dengan pembelian pemain," kata Cruyff kepada Rac1.

Mantan pemain Barcelona itu juga menyatakan bahwa sebuah klub harus mampu mengurus akademi sepak bola mereka untuk mencetak para pemain baru. Pembelian pemain bintang dan mahal memang baik tetapi itu tidak akan berlangsung lama.

Mengomentari absennya Tito Vilanova, Cruyff yakin hal tersebut tidak akan berdampak buruk bagi performa Lionel Messi dkk.

"Berita mengenai Tto sangat mengejutkan, pikiran saya langsung tertuju kepada istri dan anaknya. Dalam masa seperti ini, Anda harus selalu bersama keluarga. Saya rasa dia segera kembali dalam dua atau tiga bulan. Namun, Barcelona sangat menyatu dan tahu apa yang harus mereka lakukan. Absennya pelatih tidak akan berdampak apapun bagi permainan mereka kkarena Barcelona diisi oleh para pemain profesional sarat pengalaman."