Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang Atas Wigan, Arsenal Melesat ke Posisi Tiga

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 22 Desember 2012 | 22:18 WIB
Eksekusi Tendangan Penalti Mikel Arteta (Getty Images)

benar menguntungkan The Gunners sehingga berhasil mengamankan tiga poin. Satu gol Mikel Arteta mengantarkan pasukan Emirates Stadium naik ke posisi tiga klasemen sementara Premier League.

Posisi tersebut tentu asih bersifat sementara karena Tottenham Hotspur dan Chelsea yang sama-sama mengemas 29 poin belum menuntaskan pertandingan di pekan 18. Sementara itu, saat ini Arsenal hanya unggul satu poin dari keduanya dengan 30 poin.

Tampil tandang The Gunners tampak kesulitan mengulang performa impresif seperti saat menang 5-2 di markas Reading pada pekan ke-17. Di babak pertama Wigan juga tampak berhasil mengimbangi permainan Arsenal dan tidak sedikit mendapat peluang bagus.

Terbukti pada menit ke-23 Arouna Kone mendapat peluang emas dari umpan terobosan, namun sayang eksekusinya tidak maksimal. Sementara itu, kombinasi Theo Walcott, Santi Cazorla, dan Alex Oxlade-Chamberlain kesulitan mendapatkan peluang yang benar-benar bagus di interval pertama.

Arsenal baru mendapat satu peluang terbaik di paruh kedua. Pada menit ke-59 sedikit dorongan Jean Beausejour terhadap Walcott di dalam kotak penalti berakibat fatal. Tanpa ragu wasit langsung menunjuk titik putih yang berarti keuntungan besar bagi pasukan Meriam London. Arteta maju sebagai eksekutor tendangan penalti dan sukses menaklukkan Ali Al Habsi sehingga unggul 1-0.

Hukuman tendangan penalti tersebut benar-benar menjadi kerugian besar bagi Wigan. Pasalnya, meski berhasil bereaksi dan lebih menekan di waktu sisa babak kedua. Sayang sejumlah peluang yang diperoleh Wigan tidak ada yang maksimal. Alhasil, sampai pertandingan berakhir Arsenal tetap unggul 1-0.

Susunan Pemain
Wigan Athletic: 26-Ali Al Habsi, 4-James McCarthy, 17-Emmerson Boyce, 31-Maynor Figueroa, 6-David Jones, 16-James McArthur, 22-Jean Beausejour, 23-Ronnie Stam, 2-Arouna Koné, 9-Franco Di Santo (15-Callum Mcmanaman 77), 10-Shaun Maloney.

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny, 3-Bacary Sagna, 4-Per Mertesacker, 5-Thomas Vermaelen, 28-Kieran Gibbs, 8-Mikel Arteta, 9-Lukas Podolski (22-Francis Coquelin 79), 10-Jack Wilshere, 15-Alex Oxlade-Chamberlain (16-Aaron Ramsey 75), 14-Theo Walcott, 19-Santi Cazorla (6-Laurent Koscielny 90).