Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cruyff Prihatin dengan Kondisi Persaingan La Liga

By Windu Puspa Ningtyas - Rabu, 26 Desember 2012 | 10:18 WIB
Johan Cruyff (VI-Images/Getty Images)

Legenda Barcelona, Johan Cruyff, mengeluhkan kurangnya atmosfer kompetisi persaingan di La Liga. Hal tersebut karena jarak yang terlalu jauh antara mantan klubnya dengan Real Madrid.

Sebagai dua klub yang paling sukses di Spanyol, pertempuran antara Real Madrid dan Barcelona menjadi gengsi tersendiri bagi La Liga. Meskipun Atletico Madrid telah berhasil menyelinap ke dalam perburuan gelar musim ini, skuad Tito Vilanova yang terus memimpin menjadikan kompetisi tidak lagi menegangkan.

"Perbedaan anatara klub terlalu besar dan itu buruk bagi suatu liga. Barometer sebuah kejuaraan adalah tentang semangat dan ketegangan diantara para pesaing," kata Cruyff kepada Marca yang mengaku cukup prihatin.

Barcelona menjadi klub yang banjir pujian karena gaya permainan mereka. Namun, bagi Cruyff kunci kesuksesan tim adalah ketika pemain mampu memberikan pergerakan yang meski tanpa bola.

"Cara Barca bermain memang patut dihargai tetapi Anda harus melihat juga bagaimana reaksi pemain saat tidak memegang bola. Barca mampu memainkan sepak bola yang sulit dan menjadikanya begitu mudah. Itulah perbedan mereka dangan klub lain."