Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raheem Sterling Tidak Akan Membelot ke Jamaika

By Ade Jayadireja - Rabu, 26 Desember 2012 | 13:06 WIB
Raheem Sterling (Getty Images)

Rising star milik Liverpool, Raheem Sterling, telah menutup kemungkinan untuk membela negara kelahirannya, Jamaika. Ia berjanji akan tetap bermain di tim nasional Inggris.

Presiden Federasi Sepak Bola Jamaika, Horace Burrell, beberapa waktu lalu sempat meminta Raheem Sterling untuk membela timnas Jamaika. Ia merasa sangat membutuhkan jasa winger berusia 17 tahun itu.

Namun, Sterling lebih memilih menjadi warga negara Inggris. Ia pun tidak akan mengubah keputusan tersebut.

"Jelas saya punya darah Jamaika, tapi tidak ada seorang pun yang coba memberi tekanan dan itu merupakan hal yang baik. Saya tidak bisa berpaling dari Inggris karena saya tumbuh melalui sistem pembinaan di sana," kata Sterling seperti dikutip Espnstar.

"Saya tidak bisa berganti kewarganegaraan. Jadi, adalah hal yang baik bagi saya untuk dipanggil ke timnas senior dan melakukan pertandingan debut. Mulai sekarang saya 100 persen menjadi orang Inggris," imbuhnya.

Sterling lahir di Jamaika pada 8 Desember 1994. Ia pindah ke Inggris saat usia lima tahun dan kini sudah resmi menjadi warga negara di sana.

Debut internasional Sterling terjadi bersama timnas Inggris U-16. Ia juga dipanggil ke timnas senior untuk melakoni kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Ukraina pada 10 September lalu, tapi saat itu Sterling tidak dimainkan.