Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iker Casillas Dicadangkan karena Kelelahan

By Syamsul Arif - Rabu, 26 Desember 2012 | 16:23 WIB
Rinat Dasayev (Mike King/Getty Images)

Mantan penjaga gawang Sevilla, Rinat Dasayev, meyakini bahwa keputusan Jose Mourinho yang tidak memainkan Iker Casillas pada pertandingan antara Real Madrid melawan Malaga, Minggu (23/12) dini hari WIB, di La Rosaleda, disebabkan oleh kelelahan yang mendera sang kiper.

Pada pertandingan yang dimenangi Malaga 3-2 itu, Jose Mourinho secara mengejutkan tidak memainkan Iker Casillas. Ia memberi kesempatan kepada penjaga gawang muda tim, Antonio Adan, untuk mengawal gawang Los Galacticos. Mourinho telah menjelaskan bahwa alasan pencadangan Casillas pada laga itu merupakan murni keputusan teknik, meskipun hal itu telah mendatangkan kritik dari para petinggi klub dan pendukung.

Rinat Dasayev pun turut terkejut dengan keputusan Mourinho itu. Ia menilai banyaknya jumlah pertandingan yang harus dilakoni Real Madrid pada akhir 2012 merupakan sebab utama pencadangan kapten Los Galacticos.

"Tentu saja keputusan itu merupakan suatu kejutan. Casillas adalah kiper yang sangat bagus," kata pria berusia 55 tahun asal Rusia ini kepada AS.

"Mungkin dia sedikit kelelahan setelah bermain pada begitu banyak pertandingan klub dan negara di banyak turnamen, seperti Liga Spanyol, Liga Champion, Piala Dunia, dan Piala Eropa."

Rinat Dasayev merupakan penjaga gawang Uni Soviet ketika menjadi runner-up pada Piala Eropa 1988. Ia bermain di Sevilla selama tiga musim, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 1991.