Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferrari Akan Pertahankan Strategi Tim

By Oka Akhsan M. - Jumat, 28 Desember 2012 | 20:43 WIB
Luca Di Montezemolo (Mark Thompson/Getty Images)

Tim Ferrari melalui presiden Luca Di Montezemolo menegaskan tak akan mengubah strategi tim yang selalu memprioritaskan salah satu pebalap pada musim 2013.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tim asal Italia itu menganak emaskan Fernando Alonso sebagai pebalap utama. Pembalap sekelas Felipe Massa pun kerap dipaksa “mengalah” dalam sejumlah kesempatan.

Contoh utama adalah ketika Ferrari sengaja mengganti girboks Massa di GP Amerika Serikat musim lalu agar Alonso dapat memperoleh posisi start yang lebih bagus. Kendati strategi itu tak melanggar aturan, sebagian tim lain menilainya sebagai bentuk tindakan tak sportif.

Meski begitu, Di Montezemolo tak peduli anggapan pihak luar. Ia bersikeras tak akan mengubah strategi The Prancing Horse.

"Sejak saya kembali ke Ferrari pada 1991, saya selalu bilang bahwa para pebalap tidak melaju untuk mereka sendiri tetapi untuk Ferrari," kata Luca Di Montezemolo, seperti dilansir Crash.

"Bila ada satu pebalap yang masih punya kesempatan, pebalap satunya harus membantu. Saya tak peduli kalau ada yang tidak suka," pungkas pria kelahiran Bologna itu.