Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peter Gade Tinggalkan Bulu Tangkis

By Tulus Muliawan - Minggu, 30 Desember 2012 | 17:36 WIB
Peter Gade, saat tampil di laga terakhirnya melawan Lin Dan.

Bintang bulu tangkis Denmark, Peter Gade, secara resmi memutuskan untuk pensuin dari dunia bulu tangkis. Gade menggelar acara perpisahan di Copenhagen Master 2012, Kamis (27/12).

Di malam perpisahannya itu, Gade menggelar pertandingan melawan bintang bulu tangkis Cina, Lin Dan. Pada acara tersebut, Gade mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggemarnya. Seluruh penonton menggunakan topeng bergambar muka Gade.

Pada pertandingan terakhirnya di kancah internasional tersebut, Gade berhasil mengalahkan Lin Dan dengan rubber game, 20-22, 21-16, dan 21-14.

Dalam akun Facebook miliknya, Gade mengaku sangat senang dan menikmati acara perpisahannya tersebut. Pada kesempatan yang sama, ia juga mengucapkan salam perpisahan kepada para penggemarnya di seluruh dunia.

"Saya sangat menikmati acara Kamis (27/12) malam kemarin. Aku tidak akan pernah melupakannya. Terima kasih atas dukungan dari kalian," tulis Gade.

Selama 17 tahun berkarier di dunia bulu tangkis, pria berusia 36 tahun itu pernah beberapa kali menduduki peringkat satu dunia pada periode 1998 sampai 2000. Ia juga pernah menjuarai beberapa turnamen terkemuka seperti All England (1999), European Championships (1998), dan memenangkan lebih dari 22 turnamen Grand Prix.