Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vitor Baia, Guardiola Masih Kalah dengan Mourinho

By Vessy Dwirika Frizona - Rabu, 2 Januari 2013 | 12:11 WIB
Vitor Baia (Getty Images)

Mantan kiper Barcelona, Vitor Baia, mengungkapkan bahwa kehebatan mantan pelatih Barca, Josep ‘Pep’ Guardiola, masih kalah dengan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

Menurut Vitor Baia yang pernah memperkuar Barca selama musim 1996-98, Guardiola masih harus membuktikan kualitasnya di luar Camp Nou seperti yang telah dilakukan kompatriotnya, Mourinho.

Meski Pep telah mempersembahkan 14 trofi selama kurun waktu empat musim untuk Blaugrana, tetapi Mourinho jauh lebih hebat. Sebab ia pernah meraih kesuksesan dengan mempersembahkan empat trofi liga di empat kompetisi berbeda.

“Guardiola telah melakukakn sesuatu yang sangat luar biasa di Barcelona, namun, dia harus mendemonstrasikan hal yang sama di klub lain. Memang benar, untuk menyamai level Mourinho, Pep harus memenangkan gelar di liga lain,” kata Baia, seperti dilansir Sky Sport.

"Ia memiliki banyak waktu untuk membuktikan bahwa dia juga dapat melakukannya dengan baik di negara lain, seperti yang dilakukan Mourinho."

Mourinho mengawali karier kepelatihannya pada musim 2000 dengan menukangi Benfica. Kemudian melanjutkan perjalanannya dengan melatih sejumlah klub elite Eropa, seperti FC Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid.

Namanya pun tercatat dengan tinta emas sejarah sepakbola sebagai salah satu pelatih sukses dunia ketika mempersembahkan dua mahkota Liga Champion untuk dua klub berbeda, FC Porto (2003/04) dan Internazionale (2009/10).