Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lokasi TC di Medan Masih Sebatas Rencana

By Frengky Aruan - Rabu, 2 Januari 2013 | 15:06 WIB
Timnas Indonesia (Peksi Cahyo/Bolanews )

Lokasi pemusatan latihan tim nasional Indonesia untuk babak Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C, nyatanya belum jelas. Padahal, sebelumnya beberapa pihak di PSSI seperti Penanggung Jawab Timnas, Bernhard Limbong sudah memastikan bahwa pemusatan latihan akan digelar di Medan, Sumatera Utara. Hal itu sebelumnya juga diperkuat oleh pernyataan anggota Komite Eksekutif (Komek) PSSI, Sihar Sitorus.

"Besok, mungkin baru akan diumumkan secara resmi di mana akan dilangsungkan pemusatan latihan," kata Limbong.

Limbong menambahkan ada dua pilihan lokasi pemusatan latihan, yaitu di Jakarta atau di Medan. Jika melihat biaya yang harus dikeluarkan, Limbong mengatakan bahwa pemusatan latihan timnas di Medan, lebih irit.

"Yang pasti lebih hemat kalau pemusatan latihan di Medan," jelasnya.

Sementara itu, beberapa pemain yang masuk dalam rilis 43 pemain untuk Kualifikasi Piala Asia 2015 seperti gelandang Persebaya 1927, Muhammad Taufiq mengaku telah siap, termasuk menghadapi lawan-lawan di Grup C, seperti Irak, Arab Saudi, dan Cina.

"Yang penting persiapan berjalan lancar. Tugas saya hanya mempersiapkan kondisi fisik dan meningkatkan kemampuan bermain," kata Taufiq.

Hal senada juga disampaikan oleh Wahyu Wijiastanto. "Namanya juga membela negara, kapanpun dan dimanapun saya siap," terangnya.

Berdasarkan rencana, pemusatan latihan akan dimulai 4 Januari 2013. Pemusatan latihan ini kemungkinan dilakukan dalam beberapa tahap mengingat rentang waktu antara satu laga ke laga lainnya.

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis AFC, skuad Garuda akan memainkan partai pertama dengan melawat ke Irak pada 6 Februari 2013. Selanjutnya, skuad Garuda menjamu Arab Saudi pada 22 Maret 2013. 

Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah saat menjamu Cina pada 15 Oktober 2013, untuk selanjutnya berganti dengan melawat tim yang sama, satu bulan setelahnya. 

Sementara itu, partai kedua menghadapi Irak akan dilakukan pada 19 November 2013, adapun laga kedua menghadapi Arab Saudi akan dilakoni pada 5 Maret 2014 mendatang.