Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pencapaian Mourinho Lebih Sulit Daripada Guardiola

By Syamsul Arif - Rabu, 2 Januari 2013 | 21:17 WIB
Deco Souza (Francisco Leong/AFP/Getty Images)

Mantan pemain Barcelona, Deco Souza, menyatakan pencapaian yang telah diraih Jose Mourinho lebih sulit dilakukan apabila dibandingkan dengan pencapaian Pep Guardiola di La Blaugrana.

Persaingan antara siapa yang terbaik di antara Jose Mourinho dan Pepe Guardiola seakan tak pernah usai. Apalagi salah satu alasan Guardiola memutuskan tidak memperpanjang masa bakti di La Blaugrana diyakini adalah kekalahan El Barca dalam perebutan gelar juara La Liga 2011/12 dengan Real Madrid asuhan Mourinho. Dengan tidak memperhitungkan gelar di kompetisi Eropa, Mourinho telah berhasil menjadi juara di empat kompetisi lokal berbeda selama masa kepelatihannya di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol. Sedangkan Guardiola baru berhasil menjadi juara di Spanyol.

Deco, yang pernah bermain membela Barcelona dalam rentang 2004 sampai 2008, pun menyatakan bahwa pencapaian Jose Mourinho lebih sulit dilakukan apabila dibandingkan dengan pencapaian Pep Guardiola di Barcelona.

"Menjadi juara di empat negara berbeda yang telah dilakukan Mourinho merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan," kata Deco kepada RTP.

"Guardiola adalah pelatih yang hebat, tetapi Barcelona pernah menyatakan bahwa dia sebenarnya tidak menemukan apa pun di sana. Kita harus melihat bagaimana pencapaian yang dapat ia raih dengan tim dan metode pelatihan yang berbeda. Setelah itu baru kita dapat membuat penilaian yang lebih baik."