Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Robben Ingin Mengurangi Kiprah Bersama Belanda

By Jaka Sutisna - Jumat, 4 Januari 2013 | 18:13 WIB
Arjen Robben (Victor Fraile/Getty Images )

Pemain Bayern Muenchen, Arjen Robben, punya solusi untuk mengatasi cedera yang sering mendera dirinya. Pemain berusia 28 tahun ini sedang mempertimbangkan untuk mengurangi kiprahnya bersama tim nasional Belanda demi meminimalkan risiko cedera.

Eks pemain Chelsea tersebut seringkali mengalami cedera saat memperkuat Tim Orange. Pada Piala Dunia 2010, ia mengalami cedera serius di Afrika Selatan yang membuatnya absen panjang. Bersama timnas Belanda, Robben seolah mempunyai kutukan cedera.

Maka dari itu, ia berencana tidak akan memperkuat Belanda kala melakoni laga tak penting, semacam pertandingan persahabatan.

"Saya sering kali kurang beruntung ketika memperkuat timnas. Entah mengapa saya hampir selalu mengalami cedera ketika bermain untuk timnas. Saya sungguh tak mengerti hal ini," ungkap Robben.

"Sekarang, sebelum orang mendapatkan ide yang salah, saya tidak akan pensiun dari sepak bola internasional, karena bermain untuk negara saya tetap suatu kehormatan besar," tegasnya.

"Namun, jika ada pertandingan yang tidak terlalu penting atau ketika kami memiliki jadwal yang padat, saya bisa memutuskan untuk tidak bermain untuk Belanda," tandas Si Manusia Kaca, julukan Robben.

Robben telah membuat 63 penampilan internasional sejauh ini bersama Belanda dan mencetak 17 gol.