Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gara-Gara Van Persie, Pertandingan Harus Diulang

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 6 Januari 2013 | 02:33 WIB
Robin van Persie (Getty Images)

gara gol larut Robin van Persie, West Ham United gagal menyingkirkan Manchester United di putaran ketiga Piala FA, Ahad (6/1) dini hari WIB. Kedua tim harus puas dengan hasil imbang 2-2 dan perlu melakoni pertandingan ulang yang akan berlangsung di Old Trafford.

Menghadapi United, West Ham langsung menurunkan pemain yang didatangkan dari Liverpool dengan status bebas transfer, Joe Cole. Tampil di depa pendukung sendiri West Ham mampu mengimbangi permainan skuad Sir Alex Ferguson yang tidak menurunkan sejumlah pemain kunci sejak menit pertama.

Meski tanpa Robin van Persie, Antonio Valencia, Ashley Young, Michael Carrick, dan Patrice Evra pasukan Old Trafford tetap tampil menyerang dengan mengandalkan Javier Hernandez dan Danny Welbeck di lini depan. Kendati demikian, selama 20 menit kedua tim kesulitan memecah kebuntuan serangan.

Akan tetapi, pada menit ke-23 Tom Cleverley lepas dari kawalan sehingga berhasil membuka keunggulan usai menerima umpan Chicharito. Tim tuan rumah hanya butuh empat menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut tercipta dari umpan lambung yang dilepaskan Joe Cole ke tengah gawang United. Memenangi duel udara James Collins mampu menanduk bola tanpa sanggup dihalau David de Gea.

Di babak kedua Joe Cole menampilkan permainan apik di debutnya bersama West Ham. Pada menit ke-59 kembali umpan yang dilepaskannya sanggup dimaksimalkan Collins yang mencetak gol kedua juga dengan sundulan dan membuat tim tuan rumah membalikkan keadaan 2-1.

Dalam keadaaan tidak menguntungkan Sir Alex akhirnya memasukkan Van Persie, Valencia, dan Ryan Giggs untuk menambah daya dobrak lini depan. Keputusan tersebut pun akhirnya membuahkan hasil.

Pada masa tambahan waktu umpan jarak jauh yang dilepaskan Giggs mengarah tepat ke Van Persie. Eks bintang Arsenal itu dengan dingin berhasil menaklukkan kiper Jussi Jaaskelainen dan membuat kedudukan kembali imbang 2-2 yang bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
West Ham United:
22-Jussi Jaaskelainen, 5-James Tomkins, 19-James Collins, 20-Guy Demel, 33-Daniel Potts, 4-Kevin Nolan, 10-Jack Collison, 23-Alou Diarra (16-Mark Noble 73), 26-Joe Cole (14-Matthew Taylor 78), 9-Carlton Cole, 12-Ricardo Vaz Te (7-Matthew Jarvis 61).

Manchester United: 1-David De Gea, 2-Rafael, 6-Jonathan Evans, 12-Chris Smalling (11-Ryan Giggs 78), 15-Nemanja Vidic, 28-Alexander Buttner, 22-Paul Scholes (7-Antonio Valencia 68), 23-Tom Cleverley, 26-Shinji Kagawa, 14-Javier Hernández (20-Robin van Persie 68), 19-Danny Welbeck.